"Captcha" Ternyata Tidak Sepenuhnya Aman Digunakan


Sekelompok peneliti dari Stanford University mempunyai kabar buruk bagi Captcha, teknologi yang digunakan di banyak website, bahwa ternyata mereka tidak terlalu aman.

Alasannya adalah, para peneliti dari Stanford menemukan cara untuk decode huruf dari captcha di situs-situs besar, seperti Authorize.net dari Visa, Blizzard, eBay dan semacamnya.

Teknik decode tim tersebut meminjam konsep dari bidang mesin, dimana di bidang tersebut, ada teknik untuk mengendalikan robot dengan menghilangkan gangguan (biasanya titik-titik) dari sebuah citra dan membentuk sebuah tampilan jelas. Alat dari Stanford ini bernama Decaptcha menggunakan algoritma serupa untuk “membersihkan” gambar sehingga bisa dikenali sebagai huruf atau angka yang lebih mudah dibaca.

Elie Bursztein, salah satu anggota tim peneliti mengatakan bahwa, kebanyakan captcha dirancang tanpa melewati uji kelayakan dan kegunaan.

Decaptcha diklaim bisa melakukan decode sebanyak 66 persen dari situs Authorize.net serta 70 persen dari Blizzard. Tim peneliti mengatakan, jika tingkat decoding lebih dari 1 persen, maka captcha tersebut tidak layak digunakan.

Bagaimana pendapat anda? Apakah nantinya akan ada pengganti dari teknologi captcha ini atau captcha akan ditingkatkan keamanannya???

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter