Tips/Cara Jitu Menghindari Kejahatan Cyber

Dunia cyber rawan dengan beragam aksi kriminal. untuk pengguna computer atau perangkat mobile yang kurang mencermati ini, telah dipastikan akan mudah jadi korban. Lantas, bagaimana langkah meredam efek sepanjang berselancar didunia maya ?

Cara Jitu Menghindari Kejahatan Cyber

Di bawah ini, microsoft membagi tips praktis untuk anda pengguna internet tanpa mesti cemas jadi korban kejahatan dunia online :

1. Kunci komputer serta berbagai akun dengan password yang kuat, serta PIN empat digit yang unik pada telepon seluler.

2. Jangan lakukan transaksi online seperti pembayaran tagihan, transaksi bank, belanja, atau kegiatan penting lainnya melalui perangkat komputer miliki umu atau dari laptop dan ponsel melalui jaringan Wi-Fi yang terbuka untuk umum, semisal hotspot.

3. Lebih hati-hati terhadap pesan atau e-mail yang mencurigakan. Caranya dengan menghindari berbagai tawaran yang tampak berlebihan dan waspadai pengirimnya, sekalipun pesan tersebut tampak seolah-olah berasal dari seseorang atau sumber yang dikenal atau dipercaya.

4. Pastikan website yang dikunjungi aman dan tepercaya sebelum memasukkan data yang seksitif. Periksa kembali petunjuk enkripsi, misalnya alamat web dengan 'https' atau logo gembok terkunci di sudut kanan tampilan situs.

5. Janganlah memberikan alamat e-mail utama atau instant messaging pada orang tidak dikenal atau instansi yang tidak diketahui reputasinya. Jauhi menampilkan data tersebut dari laman jejaring sosial atau direktori internet. Langkah ini juga mungkin saja langkah kurangi spam dari inbox.
Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter