Cara Mengubah Drive Letter Partisi Harddisk

Cara Mengubah Drive Letter Partisi Harddisk. Ini adalah masalah yang saya hadapi saat menginstall sistem operasi Windows Vista ulang atau recovery, setelah selesai, urutan partisi hardisk menjadi tidak seperti sebelumnya, dan drive DVD-RW tidak berada di akhir urutan.

Walaupun hal ini sebenarnya tidak berpengaruh terhadap kinerja komputer, hanya saja biasanya sering membuat bingung. Hal itu disebabkan ada partisi yang belum di format ketika menginstall windows, sampai selesai installasi. Jika menggunakan aplikasi pihak ketika mungkin bisa menggunakan Partition Manager dan sejenisnya, tetapi sebenarnya Windows (XP maupun Vista) sudah memiliki fasilitas ini, termasuk memformat partisi yang tidak terdeteksi oleh Windows Explorer.


Cara Mengubah Drive Letter Partisi Harddisk Sebagai berikut :
  1. Buka Control Panel
  2. Pilih Administrative Tools
  3. Pilih Computer Management
  4. Di bagian storage, pilih Disk Management
  5. Akan ditampilkan formasi partisi hardisk kita. Termasuk partisi yang belum diformat
  6. Untuk mengubah Drive Letter, klik kanan partisi yang diinginkan atau CD-ROM dan pilih menu Change Drive Letter and paths
  7. Di Window yang tampil pilih change, dan ganti nama drive yang tersedia
Disini perlu juga Trik komputer, untuk mengubah drive letter-nya karena kalau drive letter sudah dipakai partisi lain kita tak bisa mengubahnya langsung. Misal kita ingin mengganti drive D: menjadi E: (misal ada 3 partisi C:, D:, E:), maka sebelum mengganti D: menjadi E: kita harus ubah dulu E: ke nama lain misal Z:, baru kita ubah D: ke E:, setelah itu baru Z: kita ubah ke E:. Intinya tukar nama yang dilakukan harus melewati proses ganti nama salah satu drive yang akan ditukar namanya (drive letter-nya).

Fasilitas ini juga berguna ketika kita memasang USB flash disk, kemudian memasang kamera. Kadangkala kamera kita tidak terdeteksi di Windows Explorer. Biasanya disebabkan drive letter-nya dipakai oleh Flashdisk ada kamera yang tidak bisa ditampilkan ketika sudah ada Flash disk atau USB port sedang dipakai alat lain). Cara mengatasi hal ini, ubah saja drive letter USB tersebut ke huruf lain, kemudian kembali masukkan kabel kamera ke port USB.

Cara Mengubah Drive Letter Partisi Harddisk

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter